5 Tips Paling Mudah Cek Tiket Pesawat Murah

12/28/2016 08:30:00 AM Yunaidi Joepoet 6 Comments

Sahabat, tentunya perjalanan atau yang jamak sekarang dilaflkan traveling sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap manusia. Berjalanlah, maka kau akan tahu lebih banyak tentang apa yang tak kau ketahui di luar sana, pepatah sering mengibaratkan perjalanan sebagai bangku pendidikan yang tak mengenal batas usia. Appakah susah mewujudkan impian buat jalan-jalan keliling Nusantara atau pun luar negeri? Jawabanya, tidak. Semua orang bisa melakukannya!  Di jaman sekarang ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat impian menjelajah Nusantara dan Dunia tersebut menjadi nyata. Salah satunya adalah rajin cek tiket pesawat termurah.


Wisatawan menikmati matahari terbit di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Yunaidi Joepoet)


Tentu, dengan melakukan hal ini, Sahabat bisa melakukan penghematan biaya perjalanan. Lalu apa saja tips untuk mendapatnya? Berikut cara-cara terbaik untuk melakukannya.

1. Cari tahu dan pelajari tren promo murah
Kalau sudah tahu kira-kira seperti apa tren promo tiket pesawat yang murah, maka sahabat akan lebih mudah menemukan tiket pesawat.  Selain itu, sahabat pun jadi bisa mengatur budget buat liburan supaya tidak terlalu mahal. Ikutin newsletter semua maskapai dan juga follow serta like media sosial maskapai. Dengan begitu, sahabat lebih peka dengan tren promo yang ada.

2. Pastikan sudah memilih tanggal keberangkatan
Setidaknya, sahabat sudah tahu kapan sahabat bisa ambil cuti buat liburan. Jadi, begitu sudah tahu ada promosi, sahabat  sudah bisa langsung pilih tanggal yang paling dekat sama rencana sahabat liburan. Dengan begitu, sahabat tidak perlu lagi banyak pikir saat melakukan pembayaran. Jika perlu, buat kalender kapan saja hari libur dan perkirakan juga waktu untuk ambil cuti dari kerja ataupun kegiatan lainnya. Namun, jangan lupa juga untuk memeriksa hari pergi dan pulangnya. Ada hari-hari tertentu yang harganya selalu mahal seperti, berangkat Jumat, pulang Minggu atau Sabtu ke Senin. Paling aman, pilih hari-hari biasa antara lain, Sabtu ke Selasa atau Senin ke Rabu.

3. Catat perbedaan harga antar maskapai
Ini hal yang paling penting. Beda sedikit saja harganya, sudah bisa mempengaruhi budget liburan sahabat nih. Sahabat perlu mencatat secara detail, dari harga saat berangkat dan juga kembali, agar bisa menjadi perbandingan maskapai yang paling murah. Sahabat pun bisa menimbang apakah lebih baik memakai maskapai yang sama atau yang berbeda. Biasanya, setiap maskapai memiliki harga yang sangat bersaing, ada yang lebih murah saat berangkat, atau waktu pulang. Pilihlah secara bijak dan pastinya yang pas dengan budget buat jalan-jalan.

4. Buat Kartu Kredit dan manfaatkan promonya

Sudah punya pekerjaan tetap dan gaji yang memadai untuk memiliki kartu kredit? Tidak perlu ragu untuk membuat kartu kredit. Soalnya, ada banyak promo kartu kredit yang bisa sahabat dapatkan. Tapi, pilih kartu kredit yang paling sering bekerja sama dengan maskapai ataupun online travel. Jadi, sahabat bisa memanfaatkan fasilitas promonya dengan maksimal.

5. Hindari memilih Bandara Reguler
Kalau kota tujuan yang sahabat pilih memiliki dua bandara, maka lebih baik pilihlah bandara yang sekunder. Seperti, Kota Jakarta yang memiliki Bandara Soekarno Hatta sebagai bandara regular dan Bandara Halim Perdana Kusuma, sebagai bandara sekunder. Sahabat bisa memilih pesawat yang turun di Bandara Halim Perdana Kusuma. Biasanya, harga yang diberikan jauh lebih murah. Soalnya, maskapai penerbangan yang mendaratkan pesawatnya di bandara regular perlu membayar lebih mahal. Makanya, harga tiketnya pun akan jadi lebih mahal.

Hal terakhir yang sahabat perlukan setelah cek tiket harga pesawat adalah langsung booking. Apalagi kalau sudah ada promo, tahu kapan bisa berangkat, dan sudah cek ke semua online travel harganya, maka tidak perlu lagi ragu-ragu. Langsung booking saat itu juga. Dengan begitu, impian sahabat buat menjelajah Nusantara semakin nyata. Selamat berkelana, Sahabat!

6 komentar:

  1. Terima kasih banyak buat tips trik nyaaa.. Moga dapet tiket murah

    BalasHapus
  2. yang sering ada promo tiket murah biasanya di bulan2 apa ya?

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak atas informasinya min...

    BalasHapus
  4. Artikelnya bagus kak. Semoga banyak memberi manfaat buat sobat traveller ya. Aamiin

    BalasHapus
  5. Thanks bang tipsnya

    BalasHapus
  6. saya selalu mantau sosmednya maskapai biar dapet promo terbang.
    cukup manjur soalnya.

    BalasHapus