Upacara Penti Waerebo : National Geographic Traveler Indonesia Februari 2016

2/05/2016 11:33:00 PM Yunaidi Joepoet 23 Comments

Puluhan warga beriringan sembari membawa beras, ayam, babi, telur dan berbagai makanan lainnya melewati jalan setapak menuju Waerebo. Mereka adalah orang Waerebo yang mengadu peruntungan dengan merantau ke berbagai kota yang ada di Pulau Flores seperti Bajawa, Ruteng, Labuanbajo, dan Ende.
 Waerebo, Wae Rebo, Mbaru Niang, Denge, Dintor, Penti, Upacara Penti, Manggarai, Desa Adat Waerebo, Ruteng, Flores Overland, Traditional House of Waerebo, How to get Waerebo, History of Mbaru niang, Award of Exellence World Heritage, Unesco World Heritage, Rumah Adat Manggarai, Rumah Mbaru Niang, Bajawa, Traditional House in Flores, Traditional houses of East Timur, Nusa Tenggara Timut, East Nusa Tenggara, Travel to East Nusa Tenggara, Transportation to Waerebo, Kampung Waerebo, Traditional Village of Waerebo, Indonesia Traditional House, Heritage of Indonesia, stock photo, culture stock photo, indonesia stock photo, indonesia photo, foto wisata, daerah wisata indonesia, tourism indonesia, amazing place indonesia, place to visit in indonesia, travel photographer, assignment for photographer, culture photo of indonesia

Tujuan kepulangan mereka adalah untuk menghadiri upacara Penti yang diadakan tanggal 16 November setiap tahunnya. Upacara ini merupakan sebuah gempita perayaan ungkapan rasa syukur warga Waerebo kepada para roh leluhur dan semesta tatkala tahun baru dalam kalender mereka tiba. Warga berkumpul bersama keluarga dan melarutkan suka cita bersama.

Upacara Penti berpusat di Mbaru Gendang, satu dari tujuh rumah tradisional yang ada di Waerebo. Ritus bermula dari tembang yang didendangkan oleh tetua adat dengan diiringi gendang. Setelah itu barulah prosesi dilanjutkan menuju lingko, sumber air, dan kuburan leluhur. Kemudian, mereka kembali lagi ke

Mbaru Gendang. Prosesi ini dilakukan untuk mengundang arwah leluhur untuk mengikuti upacara Penti. Saat perayaan, tarian caci juga ditampilkan di halaman rumah Mbaru Gendang.
Sore hari, di compang atau altar panembahan, upacara Boa dilakukan oleh tetua adat dengan mempersembahkan ayam untuk menghormati para roh leluhur.

Tatkala malam jatuh, upacara pemberkatan dibarengi dengan mempersembahkan hewan seperti ayam dan babi. Upacara ini dilakukan di masing-masing rumah yang ada di Waerebo. Pada puncaknya, Lantunan tembang adat akan menggema saat malam perayaan Penti.

Berikut beberapa foto perjalanan saya ke Waerebo untuk menghadiri Upacara Penti bersama Geo Avontur yang diterbitkan di majalah National Geographic Traveler Indonesia edisi Februari 2016.


 Waerebo, Wae Rebo, Mbaru Niang, Denge, Dintor, Penti, Upacara Penti, Manggarai, Desa Adat Waerebo, Ruteng, Flores Overland, Traditional House of Waerebo, How to get Waerebo, History of Mbaru niang, Award of Exellence World Heritage, Unesco World Heritage, Rumah Adat Manggarai, Rumah Mbaru Niang, Bajawa, Traditional House in Flores, Traditional houses of East Timur, Nusa Tenggara Timut, East Nusa Tenggara, Travel to East Nusa Tenggara, Transportation to Waerebo, Kampung Waerebo, Traditional Village of Waerebo, Indonesia Traditional House, Heritage of Indonesia, stock photo, culture stock photo, indonesia stock photo, indonesia photo, foto wisata, daerah wisata indonesia, tourism indonesia, amazing place indonesia, place to visit in indonesia, travel photographer, assignment for photographer, culture photo of indonesia

 Waerebo, Wae Rebo, Mbaru Niang, Denge, Dintor, Penti, Upacara Penti, Manggarai, Desa Adat Waerebo, Ruteng, Flores Overland, Traditional House of Waerebo, How to get Waerebo, History of Mbaru niang, Award of Exellence World Heritage, Unesco World Heritage, Rumah Adat Manggarai, Rumah Mbaru Niang, Bajawa, Traditional House in Flores, Traditional houses of East Timur, Nusa Tenggara Timut, East Nusa Tenggara, Travel to East Nusa Tenggara, Transportation to Waerebo, Kampung Waerebo, Traditional Village of Waerebo, Indonesia Traditional House, Heritage of Indonesia, stock photo, culture stock photo, indonesia stock photo, indonesia photo, foto wisata, daerah wisata indonesia, tourism indonesia, amazing place indonesia, place to visit in indonesia, travel photographer, assignment for photographer, culture photo of indonesia

 Waerebo, Wae Rebo, Mbaru Niang, Denge, Dintor, Penti, Upacara Penti, Manggarai, Desa Adat Waerebo, Ruteng, Flores Overland, Traditional House of Waerebo, How to get Waerebo, History of Mbaru niang, Award of Exellence World Heritage, Unesco World Heritage, Rumah Adat Manggarai, Rumah Mbaru Niang, Bajawa, Traditional House in Flores, Traditional houses of East Timur, Nusa Tenggara Timut, East Nusa Tenggara, Travel to East Nusa Tenggara, Transportation to Waerebo, Kampung Waerebo, Traditional Village of Waerebo, Indonesia Traditional House, Heritage of Indonesia, stock photo, culture stock photo, indonesia stock photo, indonesia photo, foto wisata, daerah wisata indonesia, tourism indonesia, amazing place indonesia, place to visit in indonesia, travel photographer, assignment for photographer, culture photo of indonesia

 Waerebo, Wae Rebo, Mbaru Niang, Denge, Dintor, Penti, Upacara Penti, Manggarai, Desa Adat Waerebo, Ruteng, Flores Overland, Traditional House of Waerebo, How to get Waerebo, History of Mbaru niang, Award of Exellence World Heritage, Unesco World Heritage, Rumah Adat Manggarai, Rumah Mbaru Niang, Bajawa, Traditional House in Flores, Traditional houses of East Timur, Nusa Tenggara Timut, East Nusa Tenggara, Travel to East Nusa Tenggara, Transportation to Waerebo, Kampung Waerebo, Traditional Village of Waerebo, Indonesia Traditional House, Heritage of Indonesia, stock photo, culture stock photo, indonesia stock photo, indonesia photo, foto wisata, daerah wisata indonesia, tourism indonesia, amazing place indonesia, place to visit in indonesia, travel photographer, assignment for photographer, culture photo of indonesia

Geo Avontur merupakan sebuah perjalanan fotokita.net yang didukung oleh National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler. Trip spesial ini berupaya menangkap keindahan alam dan budaya dalam lensa serta tulisan sekaligus merasakan pengalaman penugasan yang dilakukan oleh awak redaksi. Informasi terkait Geo Avontur bisa menghubungi Dio Dagna Mohamad Telp. (021) 5330150 ext. 32503 e-mail: geoavontur@fotokita.net

23 komentar:

  1. perayaannya berapa hari mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perayaan puncaknya hanya sehari semalam Mas. Tapi biasanya persiapan sudah dilakukan dari beberapa hari sebelumnya.

      Hapus
  2. kapan lagi geo avontur diadakan mas ?

    BalasHapus
  3. Memang ya, perayaanya di Indonesia sangat begitu beragam ya mas? Kayaknya kalau ikutan sangat seru nih mas. Gimana ya rasanya ikutan upacara perayaan Penti Waerebo di Flores? Gaya hidup dan sosial mereka begitu seru untuk dijaga dan dilestarikan.

    BalasHapus
  4. pengen rasanya melihat langsung prosesi adat itu dari awal sampe akhir kalo ada waktunya hehe

    BalasHapus
  5. mereka ini termasuk suku pedalaman yg sudah agak modern yah?
    biasanya kan yg suka ritual gitu di hutan belantara

    BalasHapus
  6. Asli, keren banget kebudayaan Indonesia..

    Mantep gan..

    BalasHapus
  7. bakal jadi travel wishlist tahun ini :)

    thanks

    BalasHapus
  8. Budaya Indonesia ini sungguh kaya.
    Harus kita syukuri dan pertahankan
    mantap mas liputannya

    BalasHapus
  9. Waaahhh pengen rasa nya ngekor aja sama abg setelah kuliah selesai.info dong bg ke jimy posisi dmn.!

    BalasHapus
  10. memang indonesia kaya kan budaya dan bahasa yah... hebat indonesia...

    BalasHapus
  11. adat-adat indonesia emang banyak bikin mancanegara tertarik... jadi pingin liat langsung

    BalasHapus
  12. Gokil, sampe di terbitin National Geo.
    Mantap kang, emang keren banget si acaranya

    BalasHapus
  13. Ini salah satu yang membuat saya bangga menjadi raykat Indonesia. Ada dan budayanya yang tak ternilai.. Lanjutkan kang.

    BalasHapus
  14. itu daging yg lagi dipotong2 daging babi??

    BalasHapus
  15. Asli keren abis. beruntung sekali bisa ada di sana bertepatan dengan upacara adatnya

    BalasHapus
  16. Mantap pak, semoga adat tradisional Indonesia tetap dipegang teguh hingga akhir hayat

    BalasHapus
  17. Wah acaranya sungguh keren ini :D jadi penasaran proses upacara yang asli

    BalasHapus
  18. acara adat kayak gini harus terus dikembangin, agar tidak lekang oleh waktu..

    BalasHapus
  19. Asli keren banget ini. Jadi pengen ikut serta waktu prosesi acaranya langsung nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang :D bener banget. kerennya ga ketulungan

      Hapus
  20. indonesia emang paling kaya budaya ya

    BalasHapus