Mengabadikan Momen Perjalanan Nan Berkesan dengan Samsung Galaxy J5

9/06/2015 08:16:00 PM Yunaidi Joepoet 1 Comments

Sebagai seorang pejalan tentu mengabadikan setiap momen perjalanan adalah suatu kewajiban. Kenanganan bahkan bisa dimunculkan kembali hanya dengan selembar foto, demikian pula untuk mengabadikan kenangan tak hanya dalam pikiran dan hati. Foto dan video adalah media yang sangat baik dalam mengabadikan setiap momen perjalanan.

"We keep this love in a photograph,
We made these memories for ourselves, 
Where our eyes are never closing,
Hearts are never broken, Times forever frozen still."
Ed Sheeran ~ Photograph

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Dual camera pada Samsung Galaxy J5 dan juga berbagai fitur menarik, salah satunya front flash camera pada kamera depan sangat bermanfaat untuk mengabadikan setiap momen yang berharga dalam setiap perjalanan dan penjelajahan. © Yunaidi Joepoet

Tren dalam dunia perjalanan semakin berubah dan beragam. Dahulu mungkin orang menjelajah untuk menemukan tanah baru tempat hidup, atau mencari kekayaan berupa emas, bahkan menaklukan daerah-daerah yang belum terjamah oleh generasi Homo Sapiens. Saat ini perjalanan ditafsirkan menjadi berbagai macam tafsiran oleh para pelaku perjalanan itu sendiri. Ada yang melakukan perjalan agar lepas dari kepenatan, mengunjungi destinasi yang baru, bahkan ada yang ingin berkreasi di media sosial saat mengunjungi beberapa tempat yang menurut mereka menarik. Tentu semua penafsiran tersebut kembali lagi pada individu masing-masing.

Satu yang tak akan pernah hilang dalam setiap perjalanan dan penjelajahan adalah pendokumentasian. Salah satu hal yang paling sering dilakukan saat melakukan perjalanan adalah mendokumentasikannya kedalam bentuk foto dan video. Tentu ini menjadi salah satu aktivitas yang wajib dalam membingkai setiap momen perjalanan.

Perkembangan teknologi saat ini membuat perangkat untuk mengabadikan perjalanan semakin ringkas. Salah satunya adalah perkembangan teknologi pada perangkat selular. Dahulu kala, orang yang ingin memotret suatu daerah harus membawa kamera sebesar lemari, hari ini cukup dalam genggaman tangan semuanya bisa diabadikan.

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Desain nan elegan pada Samsung Galaxy J5 membuat para pengguna semakin percaya diri dalam menggunakan gawai ini baik untuk beraktivitas sehari-hari maupun dalam kegiatan perjalanan ke berbagai tempat di penjuru dunia. © Yunaidi Joepoet

Meski terlihat ringan dan ringkas, namun hasil dari gawai untuk memotret tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Gawai terbaru saat ini sudah memiliki fasilitas yang sangat mumpuni. Nah, saat ini semuanya tentu bergantung pada penggunanya, atau istilah kerennya "Man Behind the Gun". Mau pakai apapun saat mengabadikan foto, seorang fotografer yang jeli dan ingin menyampaikan cerita tentu akan memilih sudut pengambilan dan momen yang berkesan pula.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu dicermati saat mengabadikan foto dengan perangkat selular?

Hakl terkait antara lain adalah momen, waktu pengambilan, pemilihan obyek dan sudut pemotretan. Untuk menghasilkan foto perjalanan yang bagus dengan perangkat selular, beberapa elemen tersebut adalah salah satu kunci untuk menghasilkan foto perjalanan yang tak hanya menonjolkan diri pribadi dalam foto tapi juga tentang apa saja yang ditemui dan dinikmati dalam setiap perjalanan yang dilakukan.

Terkait dengan momen, gadgetgrapher istilah keren untuk penyuka fotografi dengan perangkat selular tentu harus menunggu dan mencari momen yang menarik pula. Kesabaran dan kejelian menangkap setiap momen adalah salah satu kunci dalam menghasilkan foto yang menarik.

Pengambilan foto saat pagi, siang, sore, dan malam tentu memberikan karakteristik cahaya yang berbeda pula. Sebagai gadgetgrapher jangan malas untuk bangun pagi atau pulang malam ke tempat penginapan saat berkunjung ke suatu destinasi. Kadang momen terbaik datang saat subuh dan tak jarang pula momen tersebut datang saat senja.

Mengutip salah satu kalimat dari fotografer lanskap terkenal di Amerika, Ansel Adam bahwa fotografer yang baik itu berdiri pada tempat yang baik pula. Ketahuilah posisi yang tepat dalam memotret. Jangan takut untuk berpindah tempat jika merasa kurang bagus dalam mengambil foto. Beberapa kali saya memotret menggunakan gawai, tak jarang saya memanjat pohon atau nungging untuk mendapat sudut pemotretan yang baik.

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Selain dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi 5 megapixel dan kamera belakang beresolusi 13 megapixe, Samsung Galaxy J5 juga dilengkapi dengan layar Super Amoled, Front Flash Camera, dan mendukung jaringan 4G LTE untuk memudahkan para pengguna dalam berinteraksi, berselancar di dunai maya, dan juga streaming youtube dan saluran televisi. © Yunaidi Joepoet

Sebenarnya dalam fotografi perjalanan, tak hanya tempat nan indah yang harus diabadikan. Kadang perjalanan dan momen yang menarik bisa menjadi cerita yang menarik untuk ditangkap ke dalam bingkai foto. Berinteraksi dengan orang lokal tentu bisa menjadi salah satu cara untuk menggali informasi dan lebih dekat dengan subyek yang akan difoto. Saat perjalanan, saya sangat senang mengabadikan benda-benda kecil yang menarik untuk dibingkai dengan gawai. Kadang saat menemui ukiran yang menarik, motif pakaian yang unik, atau bahkan aksesoris yang lucu. Kesemuanya itu menjadi foto yang menarik untuk diabadikan, dan selama ini jarang ditangkap oleh para pejalan.

Berbicara mengenai gawai yang menarik untuk dibawa saat berwisata ataupun bertualang tentu tak ada habisnya. Salah satunya adalah Galaxy J5, besutan Samsung. Untuk seorang pejalanan, tentu kehadiran perangkat ini mampu menjadi teman dan sahabat yang baik dalam perjalanan. Beragam fitur disematkan ke dalam perangkat yang di desain dengan sangat baik oleh Samsung.

Kemudahan-kemudahan dihadirkan oleh Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 untuk para penggunanya. Salah satu yang paling membantu saya saat menangkap momen yang terjadi dalam waktu singkat adalah fasilitas quick launch camera. Sepertinya Samsung Galaxy J5 benar-benar percaya dengan ungkapan setiap momen yang terjadi itu sangat berharga.

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Kamera belakang Samsung Galaxy J5 dengan resolusi 13 megapixe.. Para pengguna cukup menekan tombol home dua kali, maka secara otomatis mode kamera akan muncul. Hal ini sangat memudahkan para pengguna dalam menangkap setiap momen secara cepat. © Yunaidi Joepoet


Fasilitas quick launch camera ini sangat mudah digunakan, cutup tekan tombol home dua kali akan secara otomatis mode kamera akan langsung aktif. Berbicara mengenai teknologi kamera, maka Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 tentu sangat menarik untuk dibahas. Kehadiran dual camera pada gawai ini sangat membantu para pejalan dalam mengabadikan setiap momen yang berharga menggunakan kamera belakang maupun kamera depan perangkat ini.

Kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 mempunyai resolusi 13 megapixel. Sungguh resolusi yang pas untuk foto yang akan digunakan di berbagai output penggunaan, termasuk untuk dicetak. Selain resolusi yang besar, lensa belakang pada Samsung Galaxy J5 mampu bekerja hingga nilai aperture-nya f/1.9. Tentu dengan kemampuan ini, mengabadikan momen dengan cahaya yang minim pun tak jadi masalah lagi. Kadang untuk menangkap ambience pada foto, kita tak enak hati untuk mengaktifkan flash. Terlebih lagi saat menyaksikan pertunjukan panggunga atau pertunjukan kesenian yang sangat menarik namun tentu sebagai pejalan yang baik kita tahu, penggunaan flash adalah haram dalam setiap pertunjukan seni apalagi teater. Maka dengan kemampuan aperture hingga f/1.9, mengabadikan kegiatan pertunjukan dalam penerangan cahaya yang minim pun bisa dilakukan dengan sangat baik dengan Samsung Galaxy J5 dan Samsung Galaxy J7.

Mode pemotretan pada kamera belakang Samsung Galaxy J5. © Yunaidi Joepoet

Beberapa mode pemotretan yang sangat membantu saat menggunakan kamera belakang antara lain mode Auto, Pro, Panorama, Continuous Shoot, Beauty Face, Sound and Shot dan Sport.

Tentu kehadiran fitur Auto sangat memudahkan para penggunanya dalam mengabadikan setiap momen. Namun bagi yang ingin berkreasi dengan fitur Pro, ini bisa menjadi keasyikan tersendiri. Mode pro pada Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 mampu menghadirkan pengalaman menggunakan perangkat selular layaknya menggunakan kamera profesional. Saat saya mencoba menggunakan mode pro, saya sangat tersanjung dengan kehadiran fitur ini. Bagaimana tidak, kita bisa mengatur ISO, Expsosure, White Balance, dan Matering. Dengan kompensasi exposure, kita bisa berkreasi misalnya dengan teknik hi key ataupun low key. Menarik bukan?

Pada mode Continuous Shoot, layaknya pada kamera profesional. Kehadiran mode ini mampu mengabadikan setiap momen yang berpindah-pindah kedalam beberapa bingkai foto secara cepat. Nah untuk obyek yang bergerak cepat, seperti mengabadikan pertandingan bola hingga balapan, kehadiran mode Sport akan sangat menjawab kebutuhan saat mengabadikan  obyek yang bergerak cepat.

Fasilitas lainnya yakni mode panorama yang disematkan pada kamera ini. Dengan mode pemotretan Panorama, tak ada lagi obyek yang terlewat dalam satu bingkai foto secara horizontal dan luas hingga mencapai sudut pemotretan 180'.

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Pengambilan foto dengan mode Panorama. © Yunaidi Joepoet

Dengan kehadiran dual kamera pada Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7, perangkat ini sungguh sangat mumpuni baik dalam penggunaannya sebagai alat komunikasi maupun sebagai perangkat teknologi untuk mengabadikan foto dan video. Kehadiran kamera depan dengan kemampuan 5 megapixel dengan resolusi file 2576 x 1932, tentu sudah sangat maksimal untuk kebutuhan media sosial hingga kebutuhan cetak. Selain itu, beberapa keunggulan kamera depan Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 ini tentu membuat kita tak bisa berpaling dari perangkat ini.

Tak banyak perangkat selular yang beredar dipasaran saat ini yang menyediakan fasilitas Front Flash Camera. Tentu banyak manfaat yang bisa didapat dengan kehadiran fasilitas ini. Kadang saat mengambil foto selfie di pantai kala sore, atau momen berharga misalnya di cafe dengan kondisi cahaya yang minim tentu banyak pejalan sering menghadapi masalah jika dihadapkan pada kondisi seperti ini. Dengan cermat, Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 berhasil menjawab kebutuhan para penggunanya. Dengan fasilitas ini, para pengguna bisa mengabadikan keindahan sore hari dengan latar matahari nan cantik, namun wajahnya tentu tak akan gelap lagi karena kehadiran front flash camera. Selain itu, fasilitas ini tentu juga bisa memudahkan para pengguna saat mengabadikan foto selfie dalam cahaya yang minim. Front flash camera ini tak pula lebay saat menerangi wajah. Exposure yang jagoan dalam matering terhadap obyek yang ada didepan kamera dipadukan dengan sempurna dengan kemampuan Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 dalam menghasilkan skin tone yang membuat para penggunanya terlihat lebih cantik dan ganteng. Tak perlu lagi kan menggunakan aplikasi tambahan? Percaya deh sama saya.

Tak hanya fasilitas front flash camera yang menjadi daya tarik kamera depan Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7. Bagi para penyuka foto selfie, Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 adalah jawaban yang sebenarnya. Dengan fitur Beauty pada layar, para pengguna bisa mengatur tingkat ke-smooth-an foto yang dihasilkan. Dengan indeks 1 hingga 8, para pengguna tak takut lagi jika mukanya berminyak. Terlebih lagi sebagai pejalan dan petualang, kita lupa untuk berkaca apalagi berdandan. Fasilitas beauty pada mode selfie ini tentu memudahkan dalam mengabadikan setiap momen yang berharga di setiap tempat yang berkesan yang kita kunjungi.

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Kemampuan kamera Samsung Galaxy J5 sangat baik dalam menangkap setiap foto. Salah satunya adalah saat mengabadikan senja dengan latar bangunan bertingkat yang berselimut mendung. Dynamic range yang dihasilkan sangat bagus, membuat para pengguna puas dengan hasil foto yang ditangkap oleh kamera Samsung J5. © Yunaidi Joepoet

Permasalahan utama saat mengambil foto selfie dalam jumlah yang banyak adalah tidak masuknya beberapa anggota kelompok kedalam frame. Atau kadang jika kita selfie di depan bangunan yang unik, atau pemandangan alam yang menawan, tak semua elemen yang bisa dimasukkan ke dalam bingkai foto. Menjawab tantangan ini, Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7 menghadirkan mode Wide Selfie pada kamera bagian depannya.

Penggunaan mode ini pun sangat mudah, bahkan untuk orang yang jarang selfie seperti saya ini, mode ini terasa sangat menyenangkan. Saat mengabadikan wajah saya dengan latar Museum Fatahilah, tak terlalu sulit bagi saya. Tinggal aktifkan mode kamera depan, lalu pilih menu Wide Selfie, biarkan perangkat stabil lalu tekan tombol untuk memotret dan arahkan ke sisi kiri dan sisi kanan, hingga area foto terisi penuh. Jika kamera sudah selesai mengambil foto, maka perangkat Samsung Galaxy J5 dan Samsung Galaxy J7 akan memprores menjadi sebuah foto yang lebar, yang hampir mirip dengan foto panorama tapi menggunakan kamera depan. Nah tentu sebagai pejalan, fasilitas ini sangat menyenangkan bukan?

Nah ini ada lagi salah satu mode pemotretan yang bermanfaat bagi para penggila selfie. Nama modenya adalah interval shot. Kenapa ini menarik? oke, ini perangkat selular pertama yang saya coba dengan fasilitas interval shot. Sekali tekan tombol untuk memotret, maka kamera akan mengambil empat bingkai foto yang berbeda dengan jeda waktu yang memungkinkan saya untuk berganti gaya. Tak berhenti sampai disana, fasilitas ini juga memungkinkan kita untuk memilih mana hasil foto terbaik yang bisa kita simpan.

Samsung Galaxy J5, 4G LTE, Jaringan 4G LTE Samsung Galaxy J5, HP Samsung Galaxy, Galaxy J5, Spesifikasi Samsung Galaxy J5
Dengan mode pemotretan Sound and Shot pada Samsung Galaxy J5, para pengguna bisa mengambil foto lalu mereka suara hingga 9 detik. Dengan mode ini, para pengguna bisa menghasilkan sebuah karya foto yang tak hanya menangkap foto secara still image tapi juga menghadirkan suasana dari sebuah foto. © Yunaidi Joepoet

Mode sound & shot bagi saya yang senang dengan output file multimedia. Kehadiran mode ini sangat bagus untuk merekam ambience dan menghadirkan suasana pada sebuah foto. Saat saya memotret di atas commuter line, saya mengunakan fasiltas ini untuk mengabadikan sebuah momen yang menarik, saat Samsung Galaxy J5 mengabadikan foto, ada hal lain yang bisa direkam yang suara dari tempat diambilnya foto. Tentu ini mampu menghadirkan suatu pengalaman yang baru dalam fotografi perjalanan yang saya hasilkan.

Jadi sudah siapkah untuk #tunJukkanmomenmu dalam setiap perjalanan yang dilakukan?

***

Tulisan ini didukung penuh oleh produsen gawai yang paham akan kebutuhan saat bertualang. Semua foto adalah karya Yunaidi Joepoet.

http://www.samsung.com/id/consumer/mobile-devices/smartphones/galaxy-j/SM-J500GZKDXID


Informasi lebih lanjut soal Samsung Galaxy J5 bisa disimak di laman resmi mereka, twitter @samsung_id , instagram @samsung_id dan juga facebook Samsung Mobile Indonesia

1 komentar:

  1. kualitas fotonya keren juga ya. nggak kalah dengan smartphone lain yang kelasnya berada diatasnya J5 ini :O

    BalasHapus