Taman Nasional Baluran: National Geographic Traveler Indonesia Februari 2015

2/11/2015 11:19:00 PM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Jalanan kerikil beratap pohon kering-kerontang menemani laju motor tua pinjaman seorang teman. Putaran rodanya menerbangkan debu-debu jalanan yang sudah lama tak tersiram hujan. Ayam hutan berbulu indah sesekali muncul dari balik semak, kemudian terbang menghilang saat sepeda motor yang saya kendarai melintas. Disini pula saya takjub melihat ayam hutan liar meliuk-liuk bak burung, terbang menukik lalu bertengger di dahan. Inilah Baluran, salah satu taman nasional tertua di Nusantara.



Perkenalan saya dengan Taman Nasional Baluran bernasib naas. Sepeda motor tua pinjaman dari Swiss Winasis, staf pekendali ekosistem hutan ini berbuah petaka. Tangki bensi yang jarang diisi penuh tak saya sadari ternyata sudah bolong. Hasilnya, belahan pangkal paha disiram bahan bakar. Saya mengaduh saat panas mulai menjalar ke sekujur paha. Rekan saya, Agus Prijono yang juga penulis untuk liputan kami di National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler Indonesia tak kuasa menahan tawanya. Saya buru-buru menghentikan laju kendaraan lalu membuka resleting celana. "Wah, ini bisa suram masa depan saya, Mas," ujur saya ke Agus.

Ini satu dari sekian banyak pengalaman yang saya temui dilapangan saat bertandang ke Baluran. Untuk pertama kali pula saya menemui tulang-belulang manusia yang tergeletak di tanah, tak jauh dari kandang Ajag di Lembah Popongan. Saat itu saya sedang mengikuti Pak Arief, peneliti lapangan untuk membongkar kamera jebakan di bibir lembah yang pernah didiami oleh kawanan ajag.

Perjalanan di Baluran ini ditulis dalam dua feature. Satu feature bercerita tentang tantangan Taman Nasional Baluran untuk tetap bertahan sebagai salah satu habitat alami berbagai fauna yang diterbikan di majalah National Geographic Indonesia edisi Januari 2015. Sedangkan feature petualangan saya dan Agus Prijono diterbitkan di majalah National Geographic Traveler Indonesia edisi Februari 2015. Baca hasil tulisan dari Agus Prijono dan foto-foto saya di edisi Februari 2015. Semoga bisa menjadi penyemangat bagi sahabat semuanya untuk berwisata dan mengenal negeri ini lebih dekat. Selamat membaca, tabik!


Cover National Geographic Traveler Indonesia edisi Februari 2015 yang memuat salah satu feature mengenai Taman Nasional Baluran di Situbondo Jawa Timur.

0 komentar: