Fakta Cristo Rei, Patung Kristus Raja di Dili - Timor Leste

9/22/2014 12:54:00 PM Yunaidi Joepoet 7 Comments

BERDIRILAH DI PUNCAK KRISTUS RAJA sembari menyaksikan hamparan laut luas dengan latar Kota Dili. Cara ini adalah teknik berbeda untuk meresapi nyawa tanah Lorosae. Di tempat ini Patung Kristus Raja setinggi 27 meter memayungi bukit di Tanjung Fatucima. Patung karya Mochamad Syailillah ini menjadi salah satu kebanggaan penduduk. Hingga kini, patung masih tegak berdiri di puncak Bukit Fatucama, yang tersusun oleh batu kuat dan terjal. Dalam lawatan ke Timor Leste, saya menyempatkan diri mendaki ratusan anak tangga menuju tempat pelataran patung ini berada. Memandangi kota Dili yang berpagar laut biru.

Berikut saya lampirkan beberapa fakta tentang tempat ini. Semoga bisa menjadi informasi bagi para pejalan yang akan mengunjungi Timor Leste. 


Christo Rei, Statue in Dili, Tourism Dili, Timor Leste, Dili, Bobonaro, Aimara, Aileu, Seloi Lake, Los Palos, Atambua, Cristo Rei, Timor Leste, Dili Port,Tibar Beach, Fatucama, Timor Leste Images
Patung Cristo Rei di Bukit Fatucama,Timor Leste diambil saat matahari mulai beranjak saat saya mengunjungi Dili pada akhir tahun 2013.
PATUNG PERDAMAIAN Ribuan umat Katolik berdatangan saat pemberkatan patung oleh Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo. Patung Kristus Raja ini menjadi simbol bagi warga untuk menggantungkan harapan akan kedamaian, kesejahteraan, dan kehidupan yang lebih baik di Tanah Lorosae.

MENJULANG Patung Kristus Raja berada di ketinggian 90 meter di atas permukaan laut. Terletak di Tanjung Fatucama, sekitar tujuh kilometer dari pusat Kota Dili. Memiliki ketinggian 27 meter, patung ini menjadi patung tertinggi kedua di dunia setelah patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, Brasilia (Tingginya, 38 meter).

PERESMIAN Diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1996 oleh Presiden Soeharto. Pada masa itu, Dili yang merupakan ibu kota Provinsi Timor Timur masih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebelum akhirnya melepaskan diri pada 20 Mei 2002. Pembuatan patung dikerjakan oleh seniman Mochamad Syailillah, yang akrab disapa Bolil. Baginya, inilah karya besar pertama yang pernah dibuat sebagai pematung. Pembuatannya, memakan waktu hampir satu tahun di Sukaraja, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gagasan pembuatan patung bermula dari Gubernur Timor Timur Jose Osario Soares. Ketika itu, sang gubernur menyampaikan ide itu kepada Soeharto, yang ditujukan sebagai bingkisan ulang tahun integrasi Timor Timur ke Indonesia.  Museum Rekor Indonesia pernah memberikan penghargaan sebagai patung Kristus Raja tertinggi di Indonesia.

OBJEK WISATA Saat ini patung Kristus Raja menjadi salah satu objek wisata rohani popular di Timor Leste. Pada akhir pekan, banyak warga ataupun wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Untuk mencapai Puncak Kristus Raja, pengunjung harus mendaki ratusan anak tangga dan melewat 14 titik pemberhentian yang melambangkan perjalanan Yesus Kristus.

LANSKAP NAN MENAWAN Dari tempat patung ini didirikan, pengunjung bisa menyaksikan birunya laut tanjung Fatucama yang berbalut pasir putih. Pemandangan matahari tenggelam serta Kota Dili dapat terlihat jelas. Selain itu perbukitan menjulang bisa menjadi elemen yang sempurna dari tempat in.

7 komentar:

  1. Sangat luar biasa Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  2. Patung tertinggi kedua di dunia? :') Ini sih wajib banget masuk bucket list, ya, Mas Yunaidi!

    BalasHapus
  3. Luar biasa...
    Indonesia juga punya jadi yg tertinggi didunia..
    Tuhan yesus memberkati

    BalasHapus
  4. Waaa.. keren ya :D sama monas perbandingannya brapa ya :3

    BalasHapus