Sang Naga di Barat Jakarta : National Geographic Indonesia Februari 2014

3/20/2014 05:36:00 PM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Inilah Sang Naga di Barat Jakarta, kedatangan mereka jauh sebelum Indonesia merdeka. Orang menyebut mereka Cina Benteng. Mendiami pinggiran Cisadane hingga ke muaranya. Merekam kehidupan orang Cina Benteng menjadi penugasan yang menarik bagi saya.

Dari kaca mata pribadi, belakangan perkembangan lingkungan dan sosial masyarakat sangat pesat. Mungkin beberapa abad belakangan memang perkembangan sangat jauh di banding milenium yang silam. Teknologi menjadi salah satu faktor penting pergerakan peradaban manusia.

Penugasan sebagai fotografer untuk liputan ini tentu sangat menarik. Ini kolaborasi kedua saya di national Geographic Indonesia dengan Mahandis Y Thamrin setelah liputan luap laut Jakarta. Saya menyisir tepian Cisadane, mendatangi beberapa kelenteng yang masih bertahan, menemui jagoan silat, mgnunjungi seniman tehyan, berlatih kung fu, hingga melihat mata ketakutan dari penduduk di hilir Cisadane yang khawatir digusur oleh pembangunan megaproyek pelabuhan.

Tapi pelajaran yang terpenting dari peliputan Cina Benteng yang saya dapatkan adalah modernisasi yang disikapi tanpa bijak akan memusnahkan nilai-nilai dasar manusia dan budaya mereka. Setidaknya, dari Cina Benteng kita bisa lebih bijak dalam menghadapi zaman yang benar-benar gila perubahannya. Berikut foto-foto yang dimuat di National Geographic Indonesia edisi Februari 2014.[]










0 komentar: