5 Tips Foto Underwater Dengan Pocket Camera

9/16/2013 01:00:00 PM Yunaidi Joepoet 3 Comments


Mengabadikan momen dan keindahan bawah laut menjadi suatu keharusan saat snorkeling maupun diving. Apa saja yang harus diperhatikan saat memotret dibawah laut ? Berdasarkan pengalaman snorkeling dan diving di beberapa tempat, saya memaparkan beberapa hal yang bisa menjadikan foto bawah laut sobat terlihat menarik. Berikut tips memotret bawah laut agar terlihat menarik dan bagu untuk sobat ranseler :

Ikan Nemo, Clown Fish, Terumbu Karang, Raja Ampat, Bawah Laut Raja Ampat, Wayag, Diving, Photographer, Indonesia Stock Photo
Ikan nemo (Clown Fish) di Perairan Raja Ampat, Papua Barat difoto menggunakan kamera saku yang memiliki fitur underwater. Dengan kreatifitas dan penguasaan fitur yang ada di kamera, kita bisa menghasilkan foto bawah laut yang menarik. 
1. Memilih kamera bawah air
Beberapa produsen kamera saat ini mengeluarkan kamera yang bisa difungsikan untuk pemotretan dibawah air. Dilengkapi dengan fitur tahan air hingga kedalaman 15 meter,  aneka pilihan mode pemotretan bawah air, penggunaan flash eksternal, hingga fasilitas super macro mode. Produsen kamera seperti Panasonic mengeluarkan Lumix DMC-5, Olympus mengeluarkan Though TG-2, Canon dengan kamera saku andalannya Powershot D20, ataupun produsen kamera seperti Nikon yang mengeluarkan kamera AW100. Sekarang tinggal memilih kamera yang sesuai dan menarik untuk mengabadikan momen bawah laut bagi sobat.
Jika sudah memiliki kamera compact namun tidak memiliki fitur untuk bawah air ? Sobat bisa membeli underwater case yang banyak dijual dipasaran agar kamera bisa difungsikan saat berada dibawah air.

2. Cermat menggunakan fitur bawah air
Memotret dibawah air berbeda dengan memotret didaratan. Intensitas cahaya akan berdampak terhadap white balance yang dibaca oleh kamera sehingga mempengaruhi foto yang dihasilkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, produsen kamera memberikan fitur yang membantu para pengguna untuk menghasilkan foto yang menarik saat memotret dibawah air. Seperti kamera yang saya gunakan, terdapat mode beach & snorkeling untuk mengambil foto dipermukaan air hingga kedalaman 3 meter. Selain itu mode underwater bisa digunakan hingga kedalaman 15 meter. Masing-masing fitur ini tentu saja akan sangat baik digunakan saat memotret dibawah air.  

3. Mengaktifkan fungsi flash
Penggunaan fitur flash cocok digunakan untuk mengambil objek foto seperti terumbu karang maupun binatang kecil. Flash membantu mengeluarkan warna dan kecerahan pada objek foto bawah laut.
Penggunaan fitur flash juga harus diperhatikan saat mengambil objek yang jaraknya cukup jauh dari kamera. Dibawah laut banyak plankton kecil kasat mata, saat memotret dengan objek yang agak jauh dari kamera maka plankton yang lebih dekat dari objek foto akan terkena cahaya flash dan menimbulkan bintik putih pada foto yang kita hasilkan.

Penyu Hijau, Terumbu Karang, Coral Triangle, Penyu Belimbing, Ikan Nemo, Clown Fish, Terumbu Karang, Raja Ampat, Bawah Laut Raja Ampat, Wayag, Diving, Photographer, Indonesia Stock Photo
Seeokor penyu hijau berenang di Mike's Point Dive Site di perairan Raja Ampat, Papua Barat. 

4. Jeli
Banyak hal yang menarik untuk diabadikan dibawah laut seperti mengabadikan gerombolan ikan, terumbu karang, maupun hewan-hewan kecil yang sangat menarik. Yang harus kita lakukan adalah jeli mencari objek yang menarik untuk diabadikan.  Pada saat menyelam di Raja Ampat saya menemukan momen berhraga menyaksikan perkawinan Nudibranch diatas pasir, juga bertemu hiu karpet Wobbegong yang berntuknya menyerupai batu.


5. Komposisi
Meskipun berada didalam laut, tentu kita tidak boleh melupakan komposisi foto. Karena dengan komposisi yang baik, kita bisa menghasilkan foto yang menarik. Berkreasi dengan komposisi seperti memanfaatkan terumbu karang sebagai foreground dengar latar gerombolan ikan, atau memanfaatkan celah diterumbu karang sebagai framing foto. 

Demikian tips singkat mengabadikan keindahan bawah laut dengan kamera saku. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat ranseler. Selamat menyelam dan mengabarkan keindahan nusantara. Tabik

3 komentar:

  1. Salam kenal mas...keren sekali foto bawah lautnya..kapan ya bs foto gt..hehehe

    BalasHapus
  2. Keren banget tuh, siapin dulu deh gadget yang bagus buat foto underwater yg keren hasilnya

    BalasHapus
  3. Terima kasih tipsnya mas.
    Untuk flash justru penting ya di bawah laut kayak gini? Nanti hasilnya gak akan overkah mas?

    BalasHapus