Stasiun Solo Jebres

10/12/2012 03:53:00 AM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Perjalanan saya pernah terhenti di stasiun ini, Stasiun Solo Jebres. Tiket kereta Matarmaja yang saya kantongi hanya menempuh jarak Malang - Solo meskipun tujuan utama saya Jakarta. Ketatnya regulasi dari PT.KAI membuat saya mengurungkan niat sebagai penumpang gelap ke Jakarta. Perjalanan saya pun terhenti disini, beruntung malam itu kenalan di Solo bermurah hati memberi tumpangan gratis hingga esok hari. Tak hanya saya, banyak pejalan yang punya pengalaman dengan stasiun ini. Kenangan-kenangan yang terukir di stasiun ini seakan abadi dibalik tembok-tembok yang semakin menua.

Dibangun pada tahun 1884, Stasiun ini menjadi salah satu stasiun tertua di Solo. Kasunanan Surakarta kala itu meminta bantuan perusahan kereta api Hindia Belanda Staats Spoorwegen untuk membangun stasiun ini. Arsitektur stasiun ini bergaya Indische Empire, detail di dindingnya mengingatkan kita dengan gaya bangunan di benua biru. Bagian atas pintu masuk dibuat melengkung dengan tambahan kayu berpola segitiga. Solo Jebres memang tua, namun kharisma stasiun ini tak pernah sirna. Cobalah naik kereta ekonomi dari Jakarta menuju Solo untuk merasakan sensasi Solo Jebres yang sebenarnya.

Solo Jebres; Solo Balapan; Stasiun Bersejarah; Heritage Railway; Solo; Place to Visit; How to get solo; transportasi ke solo; kereta api ekonomi solo; economic train to Solo; tourism spot in Solo; solo heritage; cagar bersejarah kota solo; keraton solo; kereta api uap; stasiun solo jebres; stasiun tua; stasiun belanda; old railway station
Stasiun Solo Jebres, dibangun pada tahun 1884 oleh Staats Spoorwegen perusahaan kereta api Hindia Belanda. Hampir satu abad setengah setelah pembangunan, stasiun ini tetap kokoh dengan gaya arsitektur lamanya. Stasiun Solo Jebres sekarang menjadi primadona bagi kereta api kelas ekonomi jarak menengah dan jarak jauh untuk singgah. Stasiun Solo Jebres tak jarang pula membangkitkan nostalgia lama bagi pecinta kereta, tak terkecuali saya yang pernah hanyut dibuai stasiun ini saat menanti Kereta Ekonomi Matarmaja dari Malang menuju Jakarta.

0 komentar: