Menjemur Sotong di Pulau Penaah

10/31/2012 01:54:00 PM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Matahari sudah lengser dari titik kulminasi, ronanya mulai menguning. Terik yang tadi mengeringkan sotong-sotong sudah mulai pudar. Penduduk, sembari bercengkrama di beranda kayu yang menghadap ke laut menunggu panas berganti sejuk angin sore. Saya mondar-mandir dari satu dapur ke dapur lain di rumah warga Pulau Pena'ah - pulau kecil di Kabupaten Daik Lingga tempat para pelaut ulung hidup dari tangkapan melaut. Mayoritas penduduk disini hidup dari hasil laut, menangkap ikan dan segala macam isi laut. Tak jarang pula sotong-orang kota mengenalnya dengan cumi-cimi- dijemur, lalu sotong kering di jual ke Tanjung Pinang. Hasil jual sotong dijadikan nyawa-rupiah untuk menyambung hidup.

Hidup di pulau bukan perkara mudah, jika musim tak bersahabat melaut bukan jadi keputusan yang tepat. Ombaknya tinggi menggulung, bisa-bisa melupat kapal nelayan. Jika seperti ini, masyarakat yang menggantungkan hidup dari laut harus menunggu gelombang laut agak tenang. Tak berhenti disitu saja, di Pulau Penaah misalnya : harga bahan bakar saja menembus Rp 27.000/liter nya. belum lagi masalah listrik yang tidak tersedia. Masyarakat pun menjatuhkan pilihan untuk menggunakan genset, tentu saja hal ini akan memakan biaya banyak untuk membeli bahan bakar.
Saban hari, PLN membangun pembangkit listrik tenaga matahari. Panelnya dipasang di sudut pulau, alat itu berfungsi beberapa saat namun kemudian tak bisa digunakan lagi sama sekali akibat kerusakan yang juga belum diperbaiki (saat saya berkunjung kesana bulan april 2012 pembangkit listrik sudah tidak berfungsi selama beberapa bulan, untuk saat sekarang saya tidak mendapatkan informasi terkini karna tidak ada nomor kontak lokal yang saya punya. Namun harapan kita semua, PLN sudah memperbaiki fasilitas layanan mereka untuk kesejahteraan masyarakat pulau).


Lingga, Daik, Daik Lingga, Pulau Mepar, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Pulau Pena'ah, Pulau Benan, Pulau Lingga, Pulau Bintan, Pulau Dabo, Pulau Batam, Riau Archipelago, Bermain Tali, Playing Rope, Anak-anak bermain, permainan tradisional, sunset, pantai, anak-anak, kecerian anak-anak desa, pancur, Gunung Daik, Istana lingga, pesona kepri, wisata kepri, benan island, bintan island, ranselkosong.com , travel writer, indonesia travel writer, pulau mepar, mepar island, berhala, sunrise, landscape, viem, riau archipelago
Sotong di keringkan dibawah terik matahari di Pulau Penaah, Daik Lingga - Kepulauan Riau.

0 komentar: