Jadwal Kapal dari Padang ke Pulau Mentawai

Mentawai menjadi magnet pariwisata di bagian barat Pulau Sumatra. Turis mancanegara silih berganti berlayar dari Padang menuju Mentawai. Menyimpan kekayaan alam berupa gulungan ombak yang tinggi menjulang, menjadikan Kepulauan Mentawai surga bagi peselancar. Rumornya, ombak di Kepulauan Mentawai merupakan salah satu ombak terbaik di dunia. Di pedalaman hutan Kepulauan Mentawai, hidup pula Suku Adat yang masih melestarikan seni tato Mentawai yang sudah mendunia. Tato Mentawai diamini sebagai salah satu seni tato tertua di dunia.

Kendala menuju Kepulauan Mentawai adalah sulitnya transportasi. Hanya tersedia kapal laut dan pesawat menuju Mentawai. Jika ingin berhemat dalam mengeksplorasi keindahan alam Mentawai. Para pejalan bisa berangkat dengan kapal motor yang berlayar ke beberapa pulau. Dibawah ini merupakan jadwal keberangkatan kapal dari Padang (Pelabuhan Bungus dan Pelabuhan Muara) menuju Mentawai.


Jadwal pelayaran Kapal Feri dari Padang menuju Kepulauan Mentawai :

1. Kapal Motor (KM) Ambu-Ambu

Kapal ini berangkat dari pelabuhan Bungus yang berjarak lebih kurang setangah jam perjalanan dari Pasar Raya Padang. Menuju pelabuhan ini bisa menggunakan angkutan umum maupun menyewa ojek dari Pasar Raya Padang.
Harga tiket kapal KM Ambu-ambu pun bervariasi, untuk kelas ekonomi harga tiket Rp 75.000, jika menyewa matras dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Untuk kelas angkutan kapal yang menyediakan kasur harga tiket Rp 105.000. Sedangkan bagi pejalan yang ingin merasakan nikmatnya berlayar dengan KM Ambu-Ambu bisa mengambil kelas exclusive dengan tarif Rp 400.000

Jadal pelayaran KM Ambu-Ambu
Padang - Sipora (Tua Pejat) setiap hari Minggu jam 20.00 WIB
Padang - Sikakap setiap hari Selasa jam 20.00 WIB
Padang - Siberut setiap hari Kami jam 20.00 WIB

2. Kapal Motor (KM) Sumber Rezeki

Kapal ini berangkat dari Muaro, tidak jauh dari Jembatan Siti Nurbaya - Padang. Jika ingin berangkat dengan kapal Sumber Rezeki, sesampainya di dekat jembatan Siti Nurbaya, silahkan tanya ke masyarakat lokal. Kapal sumber rezeki melayani pelayaran dari Padang menuju Sipora setiap hari Jum'at jam 20.00 WIB.
Harga tiket untuk pelayaran menggunakan kapal Sumber Rezeki Rp 125.000 sudah termasuk kamar. Sedangkan kelas ekonomi tarif tiket yang ditawarkan seharga Rp 105.000 tanpa ruangan dan tanpa matra.

Untuk pelayaran jarak jauh, banyak diantara pejalan yang berlayar dari Padang menuju Kepulauan Mentawai merekomendasikan dengan Kapal Motor Ambu-Ambu.

Sebelum bertualang di Mentawai pastikan pasokan uang dikantong tersedia cukup. Jika ingin ke Desa Adat untuk melihat pembuatan tato tradisional, carilah guide lokal yang bisa dijumpai di pelabuhan. Kepulauan Mentawai menawarkan berbagai macam ragam pesona alam, budaya serta masyarakat. Selamat datang dibumi Sikerei, Mentawai.

0 komentar:

Post a Comment