Pantai Tanjung Papuma

5/06/2012 01:50:00 PM Yunaidi Joepoet 7 Comments

Pantai Tanjung Papuma terletak di Kota Jember, Jawa Timur. Maret 2010 saya mengunjungi pantai ini setelah menempuh jarak 37 kilometer ke arah selatan kota yang terkenal dengan even Jember Fashion Carnavalnya ini kita akan menemukan hamparan pasir putih dengan pemandangan beberapa bukit menjulang di tengah laut. Batu Malikan demikian bukit-bukit ini dinamakan. Di bukit ini menurut masyarakat lokal, dihuni oleh ular berbisa sehingga tidak memungkinkan untuk wisatawan mengunjungi bukit ditengah laut tersebut.

Pantai Tanjung Papuma juga menawarkan pesona pemandangan kala matahari terbit serta matahari tenggelam. Tak banyak pantai yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati muncul dan tenggelamnya matahari di satu tempat. Kala sore, penduduk lokal dengan jaring seadanya berjalan melewati bibir pantai untuk menangkap ikan.

Ombak hampir saja menyapu kamera saya saat mengambil foto di atas karang Tanjung Papuma. Tanjung Papuma salah satu tempat terbaik untuk mengabadikan keindahan lanskap laut dalam frame fotografi. Datanglah untuk berburu foto namun jangan lupa membawa filter ND dan tripod.

Siang hingga sore hari banyak wisatawan lokal datang untuk menikmati pesona pasir Papuma. Di bibir pantai dibangun beberapa pondok untuk wisatawan beristirahat. Pohon-pohon rindang juga memayungi pinggiran Papuma menambah asri suasana pantai di selatan Pulau Jawa ini.

Lanskap Pantai Tanjung Papuma dipagari bukit yang tak jauh dari bibir pantai.

Visual gelombang dan buit laut yang pecah saat menghantam karang Pantai Tanjung Papuma.

Seorang nelayan menjaring ikan di Pantai Papuma. Sebelum senja tiba, banyak warga lokal datang untuk mencari ikan dengan cara menjaring ataupun memancing.

Lihat peta lokasi Tanjung Papuma :

View Pantai Tanjung Papuma in a larger map


7 komentar:

  1. papuma resmi dibooking oleh saya buat trip selanjutnya hehe, nice photo om :)

    BalasHapus
  2. terima kasih mas wira :)
    ayo ke Papuma hehehe

    BalasHapus
  3. Mas yud, aku kemarin ke papuma lho.
    24 tahun jadi orang jember, baru pertama kali ke papuma kemarin ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap Mas Rendra Meinas, bagaimana ya kondisi papuma sekarang ? semoga makin bagus :)
      ayo share foto-foto nya mas, hehe
      iya, kalau belum ke Papuma belum afdol sebagai orang Jember :)

      Hapus
    2. ya memang belum komplit sebagai orang jember kalau belum tahu papuma. itu juga yang saya rasakan. saya lahir dan besar di jember. tapi belajar dan bekerja di jakarta. saat di jember saya tidak tahu tentang papuma. mungkin karena dulu saya kuper :-) malah saya tahu papuma saat di jakarta. mencoba browsing foto2 papuma yang ternyata indah banget. jadi punya tekad bulat untuk kudu harus kunjungi papuma saat pulang kampung nanti. dan syukurlah pada libur lebaran 2011 lalu saya dan istri kesampean juga ke papuma. dan ga bisa dipungkiri papuma memang indah banget. walau foto2 yang bertebaran di internet seindah itu, tapi aslinya anda harus rasakan sendiri. istri saya saja yang ga terlalu suka pantai tapi betah disini hampir seharian.
      o ya, salam kenal ya mas...

      Hapus
  4. aku pengen bgt melihat sendiri keindahan pantai papuma, bkn hanya sekedar info aja,......
    tp..... stiap kali ksna selalu gagal,
    huft :-(

    BalasHapus
  5. Wahh keren bangettt, kemarin baru baca artikel soal pantai, jadi pengen trip pantai Indonesia, dan salah satunya mau keisini. Makasih infonya :)

    BalasHapus