Pantai Lhok Mee : Hidden Beach in Banda Aceh

3/03/2012 04:41:00 PM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Lepas tengah hari saya dan teman saya Ari meninggalkan Kota Banda Aceh menuju Pelabuhan Malahayati yang terletak di sebelah timur Kota Banda Aceh. Menempuh perjalanan sekitar setengah jam, kami akhirnya tiba di Pelabuhan Malahayati. Kami bertemu dengan Citra, pria kekar yang suka bersepeda. Siang itu kami melanjutkan perjalanan dengan dua motor menuju ke arah perbukitan setelah melewati Pelabuhan Malahayati. Dalam perjalanan menuju Pantai Lhok Mee, dikiri kanan jalan sisa-sisa bangunan yang hancur setelah Tsunami Aceh tahun 2004 silam masih terbengkalai. Di kiri jalan mengarah ke pantai sapi-sapi bermain di bawah terik matahari dengan latar pepohonan bakau.

Tidak berapa lama, jalanan menanjak tajam. Setibanya di atas, pemandangan terlihat indah. Kilang semen di Pelabuhan Malahayati nampak tinggi menjulang. Kami terus melaju menuju Pantai Lhok Me di Desa Lamreh, Dusun Lhok Mee melewati Jalan menuju Krueng Raya. Tidak berapa lama, penunjuk jalan sederhana yang bertuliskan Pantai Lhok Mee terlihat. Kamipun berbelok ke kiri melewati turunan jalan. Mengambil jalan ke kanan kami tiba di bibir pantai.

Tidak terlalu ramai siang itu, hanya kami bertiga serta beberapa rombongan pejalan lain kemudian penjual jajanan dan pohon-pohon kelapa yang daunnya mendesir di tiup angin. Kami memesan minuman kelapa muda melepas haus sembari menyandarkan punggung di kursi kayu tepat dibawah pondok yang beratap daun rumbia. Pantai Lhook Mee siang itu cukup menggoda.


Pantai Lhok berjarak tempuh setengah jam perjalanan dari Banda Aceh. Di pantai yang berciri khas pohon yang tumbuh di lautan ini kita bisa merasakah sensasi berbeda dibanding dua pantai lainnya di Banda Aceh yakni Lhok Nga dan Pantai Lampuuk.

Dari Pantai Lhok Mee bisa terlihat jelas Pelabuhan Malahayati di timur Banda Aceh. Selain itu, Pantai Lhok Mee juga menwarkan pemandangan laut lepas yang indah.

0 komentar: