The Life of Seaweed Farmer

1/16/2012 10:40:00 PM Yunaidi Joepoet 4 Comments

Laut semakin menyurut saat matahari mulai beranjak ke ufuk barat. Sinar matahari ke-emasan memayungi wajah-wajah para petani rumput laut. Hampir senja mereka masih berjibaku menantang arus laut yang menggoyang-goyang tali di kebun rumput laut mereka. Menarik beberapa utas tali dan melihat apakah rumput laut yang mereka tanami sudah siap untuk dipanen. Saya berkesempatan untuk mengabadikan kehidupan para petani rumput laut di selatan Pulau Dewata, merekam beberapa momen saat para petani memanen hasil rumput laut, jauh dari hingar bingar wisatawan asing pembawa ribuan dollar yang berlalu lalang di Kuta. Jauh ke selatan, hidup mereka tidak semanis dollar yang dibawa para wisatawan yang dihamburkan di kelab malam. Tapi petani seperti mereka hidup dari ganasnya ombak laut lepas, menarik rezeki dari untaian-untaian rumput laut yang menunggu masa masak untuk dipanen. Demi sebuah asa menyambung hidup di belantara Pulau Dewata. 

Berikut ini beberapa foto saya tentang rumput laut.

Photo © Yunaidi Joepoet - All Rights Reserved

Photo © Yunaidi Joepoet - All Rights Reserved

Photo © Yunaidi Joepoet - All Rights Reserved

Photo © Yunaidi Joepoet - All Rights Reserved

Photo © Yunaidi Joepoet - All Rights Reserved


all photos proudly taken for program aku cinta indonesia by detikcom (2010)

4 komentar:

  1. diliat kok familiar foto-fotonya kayak pernah liat. ternyata pernah ada di aci ya. hehe bagus mas, suka nomor 1 dan 2. itu pake HDR apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kin, udah visit dan komen ya :)
      seperti nyawa bagi saya.
      Kalau yang foto pertama itu fill in flash, tapi matering nya ke awan yang dibelakang. Biar exposure dibelakang tidak over jadi saya tidak kompensasi, untuk menerangkan bapak saya bantu fill in flash area bapak nya.

      Kalau untuk foto kedua, saya capture dengan format raw nanti di adobe camera raw exposure nya saya perbaiki lagi. begitu :)

      Hapus
  2. Wow! I love the photos!! Amazing lah pokoknya....!

    BalasHapus