Jakarta Semrawut - Cityscape of Capital Indonesia

12/03/2011 06:56:00 PM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Saya masih berdiri di sudut lantai paling atas gedung Sapta Pesona Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, matahari pagi itu baru saja muncul dengan semburat warna hangat kuning. Dikejauhan kota Jakarta diselimuti kabut yang menutup sebagian bangunan pencakar langit. Di gedung seberang yang sedang dalam tahap pengerjaan beberapa sniper berjaga dengan senapan otomatis mengamankan prosesi upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan di salah satu markas angkatan bersenjata yang bersebelahan dengan gedung Sapta Pesona.

Pagi itu saya bisa memandang Jakarta hingga jauh. Mengingat betapa pelik nya kondisi Jakarta dengan segala permasalahannya. Biarlah, sembari melantunkan lagu Slank " Jakarta Pagi ini".
...dan aku berdiri di atas gedung yang tinggi memandang ramainya emosi Jakarta yang smakin ternodai...

Jakarta, ibukota Negara Republik Indonesia berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik berpenduduk 9,041 juta jiwa dengan kepadatan penduduk 13.667,01 jiwa per km2. Sebagai ibukota yang menjadi pusat penggerak roda ekonomi dan pusat pemerintahan, Jakarta tidak seimbang lagi untuk menampung laju pembangunan yang semakin hari semakin menyerobot ruang hijau dan kawasan terbuka. Selain itu, masalah krusial pertumbuhan kendaraan bermotor yang sudah tidak sesuai lagi dengan kapasitas jalan di Jakarta memberikan andil besar permasalahan kondisi lalu lintas dan kemacetan di Jakarta. Jakarta, sebuah kota yang sudah seharusnya ditangani secara serius agar tetap menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. (yunaidi joepoet)

0 komentar: