When Flooding Became Our Playground

11/29/2011 04:23:00 PM Yunaidi Joepoet 6 Comments



Dion (9), saat banjir datang memilih menghabiskan lebih banyak waktu lebih dari biasanya di tepian Sungai Siak yang membelah Kota Pekanbaru. Banjir yang kerap menggenangi pinggiran Sungai Siak di akhir tahun ini menjadi tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak pinggiran sungai seumuran Dion. 

Matahari baru saja terbenam, semburat warna jingga keluar perlahan dari balik gumpalan awan. Beberapa anak-anak berusia belasan masih berenang saat remang senja mulai mengaburkan penglihatan mereka di bawah Jembatan Leighton. Tingginya debit air Sungai Siak yang bermuara di Selat Malaka, dijadikan arena bermain bagi anak-anak remaja yang tinggal disepanjang jembatan Leighton. Sebelum matahari bergerak terlalu dalam ke arah barat, beberapa di antara mereka meloncat bebas dari jembatan yang berketinggian sekitar 25 meter. Berkah banjir bagi kaum pinggiran, celoteh saya menutup senja.

Sekumpulan anak-anak bermain gembira saat air menggenangi pekarangan sekolah mereka.

Sore tiba, Anton (11) dengan beberapa temannya menuju pinggiran Sungai Siak. Di tempat biasa, diatas perahu kayu yang dimiliki oleh Kakek Anton mereka meloncat dengan berbagai gaya. Taman bermain yang diciptakan oleh kejadian alam ini menjadi wahana permainan murah dan bisa dinikmati oleh anak-anak seumuran Anton yang mendiami daerah Kampung Nelayan, sebuah daerah di pinggiran Sungai Siak. "Kalau ndak banjir, air nya ndak dalam bang. Ndak enak meloncatnya" tutur Anton sembari bersiap-siap untuk terjun dengan gaya andalannya.





6 komentar:

  1. Poto2 nya bercerita sekali master. salute sama karya-karyamu. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas, saya juga salut dengan karya-karya foto sekaligus video mas tekno :)
      salam

      Hapus
  2. subhanallah... kak Yunet.. Fotonya idup banget..
    T.O.P B.G.T dehh,,,

    BalasHapus
  3. Saya suka ekspresi anak-anak di foto foto mas itu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, anak-anak memang selalu mengeluarkan ekspresi alami dari setiap senyumannya :)
      terima kasih sudah berkunjung mas, salam.

      Hapus