Rumah Kaktus Bali Botanical Garden

10/25/2010 07:31:00 AM Yunaidi Joepoet 2 Comments

Pohon-pohon rindang di kiri dan kanan jalan. Daun-daun bertebaran di sela-sela rerumputan yang menghiasi sepanjang jalan Bali Botanic Garden. Ada beberapa taman yang ditata sangat rapi, ada pohon-pohon tinggi dan rindang, jalan berliku-liku dibuat sedemikian rupa, ada juga kolam dengan bunga-bunga teratai dan orang-orang pun begitu menikmati suasana alam yang ada di Bali Botanic Garden ini.

rumah kaktus yang ada di Bali Botanic Garden


Dari kejauhan setelah melewati jalan-jalan yang berliku dibawah rindangnya pohon-pohon. Sebuah bangunan yang dibuat dari plastik-plastik bening menjulang tinggi. Dipinggir jalan terdapat papan tulisan "Rumah Kaktus". Pintu masuk bangunan ini sangat asri dengan beberapa jenis batang pohon yang masih keluarga kaktus.  Disinilah rumah kaca kaktus dengan berbagai jenis kaktus yang dimiliki oleh Botanic Garden Bali.

Bagi pecinta kaktus, rumah kaca kaktus Bali Botanic Garden adalah tempat yang paling cocok untuk mengetahui berbagai macam kaktus dari berbagai negara.  Kaktus yang ada di rumah kaca kaktus ini berasal dari Afrika, Amerika, Jerman, Rusia, Swiss maupun kaktus yang berasal dari Indonesia. Bentuk nya pun bermacam-macam.

Masuk kedalam rumah kaca ini, para pengunjung akan disuguhi jenis-jenis kaktus dari yang berukuran mini hingga berukuran besar. Tepat ditengah rumah kaca kaktus ini terdapat lorong dari batu. Lorong batu ini begitu indah dikelilingi kaktus-kaktus besar.



Mammillaria Meicantha Engelm, salah satu jenis kaktus berduri.
Disebelah kiri setelah pintu masuk terdepat kaktus dengan nama ilmiah Echeveria Sp. Kaktus ini mungil seperti rerumputan namun memeliki keindahan yang luar biasa.   Koleksi lain dari rumah kaca kaktus ini adalah kaktus dengan nama ilmiah Austrocylindroputi. Kaktus ini bulat namun memiliki duri-duri panjang, batangnya sendiri berwarna hijau sedangkan durinya berwarna putih. Ada juga kaktus yang mirip seperti kue dengan sebutan ilmiah Opuntia Rufida Engelm. Masih banyak lagi jenis-jenis kaktus yang menarik untuk dilihat di rumah kaca ini.

Untuk melihat kaktus yang ada di rumah kaca kaktus ini, bisa berkunjung ke Bali Botanic Garden. Terletak di Candikuning, Baturiti, Tabanan sekitar 50 KM dari Kota Denpasar. Perjalanan menuju Bali Botanic Garden bisa menggunakan mobil sewaan dari Denpasar. Selain rumah kaca kaktus ada beberapa tempat menarik lain yang ada di Bali Botanic Garden seperti Taman Anggrek, Rumah Begonia, Adventure Park dan masih banyak lagi arena alam di Bali Botanic Garden yang bisa dinikmati selama liburan di Pulau Dewata.

info :
Bali Botanic Gaden
Candikuning, Baturiti, Tabanan
Bali - Indonesia
Tel : 0368-255050
email : kebunrayabali@yahoo.com

 perjalanan ini di didukung penuh oleh :

2 komentar: