Bali Botanic Garden

10/25/2010 07:25:00 AM Yunaidi Joepoet 0 Comments

Pepohonan rindang menyelimuti jalan masuk menuju Bali Botanic Garden. Pintu masuknya pun terlihat asri. Dengan membayar tiket untuk mengelilingi Bali Botanic garden sebesar Rp 7.000 per orang dan Rp 12.000 untuk biaya masuk kendaraan roda 4 para pengunjung bisa merasakan suasana seperti di alam bebas secara nyata.

Jalan yang ada di Bali Botanic Garden
Melewati pintu masuk para pengunjung bisa merasakan rerumputan hijau seluas mata memandang ditumbuhi pohon-pohon indah. Tidak berapa jauh dari pintu utama terdapat bundaran jika ke kanan terdapat kantor informasi bagi pengunjung yang ingin mendapatkan informasi sebelum mengelilingi Bali Botanic Garden. 

Setelah mendapatkan beberapa informasi di pusat informasi. Para pengunjung bisa berkeliling di Bali Botanical Garden yang luasnya mencapai 157 Ha. Dengan suhu antara 18" - 20" C para pengunjung sebaiknya menggunakan baju hangat dan jas hujan. Sejak diresmikan pada tahun 1959, Bali Botanical Garden hingga sekarang memiliki Lebih dari 2100 jenis dan 18,000 spesimen tumbuhan menjadi koleksi Kebun Raya Bali yang berasal dari pegunungan kawasan Indonesia timur, meliputi: Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua. Tiap tahunnya koleksi ini terus bertambah yang berasal dari hasil eksplorasi, pertukaran biji antar Kebun Raya, perbanyakan tanaman dan dari pembibitan komersial. Karena keunikan Bali Botanic Garden yang menggabungkan unsur alam dan penataan landscape menjadikan Bali Botanic Garden dapat menata koleksi sesuai dengan habitat aslinya, dari perairan, darat dan epifit.

2 orang lelaki berjalan dibawah rindangnya pohon yang ada di Bali Botanic Garden.


Di Bali Botanic Garden banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk pengujung kunjungi. Seperti rumah kaca kaktus, dirumah kaca ini tersedia koleksi berbagai macam tanaman kaktus dari berbagai belahan bumi. Ada juga Taman Anggrek yang memiliki koleksi berbagai macam tanaman anggrek. Ada juga rumah begonia yang menjadi koleksi utama di Bali Botanic Garden. Berbagai macam koleksi Begonia dari berbagai spesies tersedia. Bali Botanic Garden pun adalah sebagai pusat konservasi dan pengembangan Begonia di Indonesia. Di Bali Botanic Garden juga terdapat taman yang berisi tumbuh-tumbuhan yang digunakan dalam upacara masyarakat Hindu. Taman untuk tumbuhan ini dinamakan Panca Yadnya. Selain berisi tanaman untuk sembahyang masyarakat hindu, di taman ini juga tersedia kolam yang begitu indah.

Selain wisata tumbuh-tumbuhan, di Bali Botanical Garden juga terdapat areal Treetop Adventure Park.  Di areal ini para pengunjung bisa meluncur dari pohon yang tinggi seperti tarzan untuk memacu adrenalin. Dengan pemandangan yang luar biasa dari tempat peluncuran, pengunjung akan medapatkan sensasi yang luar biasa.

Puas menikmati wisata alam dan wisata adventure, para pengunjung yang ingin membeli souvenir bisa mengunjungi toko souvenir yang menjual berbagai macam kerajinan yang unik dari Bali. Souvenir ini barang wajib untuk oleh-oleh bagi kerabat dan rekan sebagai tanda telah mengunjungi Bali Botanic Garden. 

info :
Bali Botanic Garden.
Candikuning, Baturiti, Tabanan - Bali
Tel : 0368 - 22050
email : kebunrayabali@yahoo.com
Bali Botanic Garden dapat dicapai dengan menggunakan mobil atau sepeda motor dari Denpasar. Jarak dari Denpasar sekitar 60 KM dan dari Kuta sekitar 80 KM ke arah Singaraja.


perjalanan ini di didukung penuh oleh :

0 komentar: