Save Kampar Peninsular : Cerita Kehancuran Hutan Semenanjung Kampar dalam Bingkai Fotografi

6/20/2010 01:56:00 AM Yunaidi Joepoet 1 Comments


Siang itu taman Kota Pekanbaru begitu ramai oleh pengunjung yang datang, tidak sekedar menikmati rindangnya taman kota atau sekedar berjalan santai. Lebih dari itu, taman kota di penuhi sekitar 60 foto karya fotografer Greenpeace serta teman-teman dari Komunitas Fotografi Pekanbaru tentang kerusakan hutan dan lingkungan hidup di Riau terutama keusakan Hutan di Semenanjung Kampar yang notabene adalah hutan gambut terbesar kedua di Indonesia yang ada di Provinsi Riau. Berdasarkan data Weatland internasional, Riau memiliki luas lahan gambut terbesar kedua setelah Papua yaitu sebesar 3,836 juta hektar atau 17 persen dari luas total lahan gambut di Indonesia. Keistimewaan hutan rawa gambut di Riau adalah memiliki kedalaman mencapai 10 meter, seperti di Semenanjung Kampar membentuk kubah besar di dalam tanah, berfungsi menyimpan kandungan karbon terbesar di Indonesia.

© Greenpeace

Semenanjung Kampar sendiri sempat tenar diberitakan oleh media nasional ataupun internasional saat Camp aktifis Greenpeace yang notabene datang ke semenanjung Kampar untuk menyerukan pada dunia tentang dampak alih fungsi kawasan semenanjung kampar. Semua tentang semenanjung kampar dan kerusakan hutan di Riau tergambar jelas dalam bingkai fotografi yang dihadirkan dengan tampilan yang menyatu dengan alam.

© Greenpeace / Ardiles Rante

© Greenpeace / Banyu Bening
 Masyarakat Teluk Meranti,Pelalawan,Riau tengah bekerja sama untuk membangun kembali Kamp Greenpeace yang kini di sebut dengan 'kamp masyarakat untuk perlindungan semenanjung kampar'. Kamp ini menjadi simbol tekad masyarakat untuk melindungi hutan dan lahan gambut Semenanjung Kampar dari ancaman perusakan oleh perusahaan seperti PT. RAPP.

© Greenpeace / FB Anggoro
Pembukaan lahan odi Indragiri Hulu, Propinsi Riau (bagian selatan semenanjung kampar) 

 © Greenpeace / John Novis 
 Greenpeace aktivis membentangkan banner sebesar 20 x 30 meter di area hutan yang baru saja dirusak bertuliskan: “Obama, Anda Bisa Menghentikan Ini”, menuntut Obama mengambil kepemimpinan kuat dan bekerja sama dengan para pemimpin negara lain demi upaya menghindari krisis iklim dengan cara menghentikan deforestasi

1 komentar:

  1. mampir nich...
    oh ea,, ada sedikit info tentang kayu jabon
    ok,, SALAM....

    BalasHapus